Tips dan Cara Ampuh Stem atau Tuning Gitar

Tips dan Cara Ampuh Stem atau Tuning Gitar


Buat anda yang hobi bermain gitar tentunya anda sering mengeluh dalam menyetem gitar. Menyetem gitar termasuk unsur penting dalam bermain gitar karena kalau tune senar gitar kita yang tidak sesuai standar akan mempengaruhi permain gitar kita atau biasa dibilang gitar yang fals. Karena keluhan tersebut saya akan memberikan cara-cara ampuh untuk menyetem gitar yaitu:






Cara1, Menghapal Nada Standar Gitar


  • Menghapal nada senar gitar sesuai standar yaitu E-B-G-D-A-E kalau kita hitung dari bawah atau dari nada tinggi, biasanya nada yang pas itu ada pada Keyboard, Piano kalau kita tidak mempunyai alat tersebut bisa menggunakan software musik seperti Guitar Pro, Guitar Speed Trainer, Virtual Piano dan software-software musik lainnya yang anda bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat atau tidak download software-software tersebut di Internet dengan mencarinya di search engine seperti Google, Yahoo, dan lainnya.
  • Kalau anda sudah hapal nada-nada tersebut maka setemlah gitar anda, 
biasanya cara menghapal merupakan tingkat menyetem yang paling susah anda bisa memakai cara selanjutnya


Cara 2, Menyamakan nada Suara Gitar dengan Keyboard atau Software


Cara seperti ini hampir mirip dengan menhapal akan tetapi cara ini tidak terlalu menghapal lebih lama tapi  kita cukup menyamakan suara dari suara keyboard misalkan kita memakai software Guitar Speed Trainer, lalu jalani langkah-langkah berikut

  • Setelah muncul menu tersebut lalu klik icon setup

klik untuk memperbesar

  • Lalu Klik nada yang kita inginkan misalkan kita mengambil nada senar gitar paling atas yaitu E, dengarkan suaranya terus samakan suara senarnya dengan senar gitar ke 6 lakukan berulang kali sampai anda merasa yakin

klik untuk memperbesar
  • Lanjutkan ke nada A-D-G-B-E' dengan cara seperti diatas

Cara 3, Menyetem gitar dengan memakai alat penyetem gitar



  • Cara ini mungkin sangat ampuh dan sangat cepat kalau memakai cara ini karena sangat ampuh sering digunakan pada saat manggung, cukup kita memakai Guitar Tuner.
  • Kalau anda pemakai gitar akustik cukup meletakan Guitar Tuner di atas badan gitar akustik dan usahakan ke daerah yang paling tinggi getarannya, lalu petik senar yang ingin anda setem maka akan muncul nada yang dihasilkan misalkan senar gitar atas maka petik sambil tuning senar gitar tersebut sampai menunjukkan nada E. Lakukan cara tersebut ke senar berikutnya sampai penyeteman senar gitar sempurna.
  • Kalau anda pemakai gitar listrik caranya hampir sama dengan menyetem gitar akustik dan lebih gampang cukup memasukan kabel gitar ke tuner lalu  petik senar yang ingin anda setem maka akan muncul nada yang dihasilkan misalkan senar gitar atas maka petik sambil tuning senar gitar tersebut sampai menunjukkan nada E. Lakukan cara tersebut ke senar berikutnya sampai penyeteman senar gitar sempurna. Kalau tuner anda tidak difasilitasi lubang buat kabel gitar lakukan cara yang digunakan seperti pada gitar akustik dengan meletakannya di atas badan gitar. Penyeteman Gitar listrik ini juga bisa digunakan ke Bass dengan mengikuti standar gitar bass yaitu untuk Bass Senar 4 terdiri dari nada E-A-D-G, Senar 5  terdiri dari nada B-E-A-D-G dan senar 6 terdiri dari nada  G-B-E-A-D-G.


Selamat menyetem gitar, Semoga bermanfaat ^_^

Artikel Terkait

4 comments:

  1. kata kunci buat download aplikasi buat nyetem.a ap yha bro..????

    ReplyDelete
  2. cara stem gitar bass memang susah susah gampang, susah kalau nggak ada tunner nya, gampang kalau udah ada tunner :)

    ReplyDelete

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan sesuatu termasuk komentar dan saran dari teman-teman sekalian dan jangan meninggalkan spam ya saya mohon.

Terimakasih Teman :)

Translate

 
Ping your blog www.HyperSmash.com Ping Blog