Trend Launchpad di Indonesia bahkan Dunia

Launchpad Trend in Indonesia and The World


Baru-baru ini kita dihebohkan dengan beberapa musisi baru yang bermunculan dengan menganut genre electro music. Electro music tentunya sangat asik untuk dimainkan terutama menjadi salah satu favorit musik anak muda. pada musik tersebut ada alat musik yang lagi booming yaitu launchpad.

Perkembangnya alat musik ini bermula dari tren musik EDM tapi ini versi murahnya hehehe. Karena peralatan nge-DJ itu mahal guys, gak jarang lho para penggemar musik ini rela beli Launchpad yang harganya agak miring lah yaa untuk menciptakan music yang hacep nih kalo kata anak jaman sekarang :D


Di kalangan para disc jockey (DJ), Launchpad jadi tren baru yang menunjang performance mereka di atas stage. Tidak heran, sejak diluncurkan pada tahun 2009 oleh novation, beragam jenis launchpad jadi andalan banyak DJ besar dunia. Well, apasih kelebihannya?


Satu Alat Beragam Fungsi
Kalau biasanya sebuah DJ set terdiri dari rangkaian DJ Mixer, MIDI controller, effect generator dan alat lainnya, sebuah launchpad bisa menggantikan fungsi beberapa alat tersebut sekaligus. Tombol (pad) pada pad yang berjumlah banyak bisa digunakan untuk clipping, mixing, eksekusi drum pattern, trigger loops, mapping dan menggerakkan parameter seperti fade atau cross. Kerennya, semua itu bisa diprogram sesuai keinginan dengan bantuan software.

Launchpad Pro by Novation

Pengaturan Set Personal
Tidak hanya bisa digunakan untuk mixing, sebuah launchpad bisa diprogram buat mengeluarkan suara yang benar benar unik. Itulah kenapasetting pada sebuah launchpad benar banar dapat diatur secara personal. Hal itu bikin setiap DJ yang akan manggung menggunakan launchpad, harus terlebu dahulu memasukan pengaturan suara dan mapping effect lainnya kedalam setiap pad. Dengan menggunakan software, launchpad juga bisa menyimpan fungsi preset yang pastinya bikin penggunanya lebih mudah mengganti ganti effect secara live.
Support Tampilan Visual Saat Perform
Selain sebagai alat untuk bermusik, launchpad juga bisa membantu menampilkan light effect yang bervariasi dengan cara mengeditnya di software Ableton Live. Di Ableton Live tersebut juga untuk memberikan effect dan bunyi dari setiap pad supaya performance dari setiap musisi atau pengguna Launchpad menjadi menarik untuk dilihat.

Perform Launchpad
Untuk penampilan Launchpad itu sendiri saya sebagai penulis juga berpartisipasi untuk memainkan Launchpad, berikut adalah video saya saat memainkan alat music Launchpad. Disini saya menggunakan launchpad merek behringer type cmd touch tc64:




Sebagian besar info launchpad ini juga berasal dari : http://longlivelocalmusic.blogspot.co.id/2016/05/tahu-tentang-launchpad.html

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan sesuatu termasuk komentar dan saran dari teman-teman sekalian dan jangan meninggalkan spam ya saya mohon.

Terimakasih Teman :)

Translate

 
Ping your blog www.HyperSmash.com Ping Blog