Tips dan Cara Menghadapi Festival Band





Kecenderungan saat ini adalah setiap band sering terjadi perubahan performance mereka saat tampil di panggung dengan pada saat mereka latihan di studio Band, seperti adanya demam panggung, kesalahan teknis,  lupa nada (khusus vokalis) lupa skill/scale pada saat solo atau lupa chord (kejadian ini terjadi pada guitaris dan bassist), perubahan ketukan (khusus drummer) yang membuat pengurangan point saat berkompetisi. Untuk menanggulanginya saya akan ngasih tips sesuai dengan pengalaman dan kegagalan yang saya pernah alami sampai saat ini. Berikut penjelasannya:



Pada Saat Perencanaan Latihan


  1. Pilih lagu yang sesuai dengan keinginan anda dan pilih lagu yang sekiranya bisa menghibur penonton, musyawarahkan dengan personil lain sampai ngerasa cocok.
  2. Tentukan genre musik, genre yang konsisten akan memberi point kecuali kalau anda memilih genre progressive perubahan ketukan diperbolehkan namun sesuai harmonisasi.


Pada Saat Briefing

  1. Mencoba menyanyikan lagu yang telah di musyawarahkan sampai semua personil ngerasa hapal semua yang ada pada lagu tersebut baik lirik, chord, ketukan, dan keharmonisan.
  2. Bikin aransemen ulang lagu yang telah di musyawarahkan seperti diubahliriknya, chordnya yang telah disesuaikan dengan karakter vokal vokalisnya dan jangan sampai aransemennya terlalu mirip dengan lagu aslinya karena itu bisa mengurangi point anda saat festival.
  3. Mencoba menyanyikan lagu yang telah di aransemen ulang sampai semua personil benar-benar hapal.
  4. Revisi terus lagu yang telah di aransemen sampai mendapatkan aransemen yang maksimal.

Pada Saat Latihan di Studio

  1. Apabila Band anda ingin membawa alat musik sendiri saat ingin tampil sebaiknya dibawa pada saat latihan Band karena ini sangat penting untuk mencek teknis-teknis alat musiknya jangan sampai pada saat manggung ada kesalahan teknis karena itu bisa mengurangi point anda walaupun itu kesalahan teknis dan biasanya juri gamau tahu tentang keaadan itu.
  2. Kalau anda punya Tunner atau biasa disebut alat buat menyetem guitar dan bass supaya tidak terjadi perbedaan nada pada guitar dan bass yang bisa mengurangi keharmonisan.
  3. Mencoba menyanyikan lagu yang sudah di aransemen pada saat briefing, biasanya suka terjadi hal yang beda pada saat latihan dan revisi aransemen sangat di perlukan.
  4. 2 Minggu sebelum tampil biasakan latihan minimal 5x sebelum hari H.
  5. Pada saat latihan jangan lupa direkam minimal pakai alat rekam yang ada di aplikasi HP anda.

Pada Saat Semua Personil Berada di Rumah atau pada saat Tidak Kumpul

  1. Untuk Gitaris atau Bassist: Biasakan Senam Jari minimal 1jam per hari ini berlaku bukan hanya untuk tampil saja tapi ini juga penting untuk meningkatkan kemampuan bermain. Untuk memaksimalkan senam jari anda sebaiknya sambil dipelajari lewat software guitar speed trainer
  2. Untuk Drummer: Biasakan mendengarkan lagu yang sudah direkam pada saat latihan dan menghapalkan ketukan ketukan yang pas untuk lagu tersebut.
  3. Untuk Vokalis: Biasakan latih vokal anda  dengan cara perbanyak pemanasan seperti berteriak dengan menyebutkan kata A-I-U-E-O dan untuk selanjutnya bisa dilihat lebih jelas lewat link Tips melatih vokal.
  4. Biasakan menyanyikan lagu yang telah direkam minimal 1 lagu dalam sehari (berlaku untuk semua personil).

Pada Saat 1 Hari Sebelum Tampil

  1. Semua hal yang akan kita kerjakan jangan lupa diawali dengan DOA
  2. Persiapkan alat-alat yang akan dibawa (kalau misalkan anda ingin membawa alat sendiri) dan pilih busana yang pas untuk festival besoknya
  3. Persiapkan semua yang telah dilatih selama latihan di minggu-minggu kemarin baik mental dan fisik
  4. Banyak istirahat
  5. Jangan terlalu maksain buat latihan karena bisa membuat fisik anda lemah kalau latihan juga cukup dengan 1 lagu saja.
  6. Jaga kesehatan


Pas hari dimana mau Tampil

  1. Kalau Band anda punya studio pribadi alangkah baiknya latihan 1 lagu tetapi pintu studionya dibuka, ibaratkan ini lagi simulasi saat manggung.
  2. Untuk Guitaris dan Bassist jangan melakukan senam jari yang kadar temponya cepat (melodi pupurulukan istilah sundanya mah) pada saat jam-jam mau tampil karena itu isa membuat jari-jari anda menjadi kaku saat tampil.
  3. Setting tune gitar dengan bass sesuai standar nada pada gitar
  4. Persiapkan mental dan Fisik supaya hati kita tenang dan tidak terjadi yang namanya demam panggung
  5. Sebelum tampil alangkah baiknya berdoa dulu


Band pun siap tampil, semoga bermanfaat dan sukses ^_^

Artikel Terkait

2 comments:

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan sesuatu termasuk komentar dan saran dari teman-teman sekalian dan jangan meninggalkan spam ya saya mohon.

Terimakasih Teman :)

Translate

 
Ping your blog www.HyperSmash.com Ping Blog