Band Tertua di Indonesia: The Tielman Brothers


The Legend Of Indonesian Band or The First International Band From Indonesian: The Tielman Brothers


Bagi penikmat musik indonesia pasti sangat menikmati alunan lagu-lagu dari sebuah kelompok musik atau grup band seperti peterpan, Ungu, J rocks, Vierra, Ada Band dll. Lewat penampilan mereka yang dapat mewarnai blantikan musik indonesia lewat alunan lagu dan performance musik mereka. Dibalik itu semua pasti tidak lepas dari band-band senior sebelum mereka yang membuat mereka terinspirasi untuk berkarya di blantika musik Indonesia.

Band tertua di indonesia yaitu koes plus, The Rollies, Bimbo, Godbless dan Band legendaris lainnya. Tapi dibalik semua band tadi ternyata masih ada band yang lebih berpengalaman dan lebih tua umurnya yaitu 'The Tielman Brothers', Band ini bahkan umurnya hampir sama dengan umur kemerdekaan republik Indonesia yaitu sekitar tahun 1945, berawal dari empat kaka beradik laki-laki dan seorang adik perempuan. Kemampuan bermusik mereka diturunkan lewat sang Ayah, Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess, seorang kapten tentara NKIL yang sering bermain musik bersama teman-temannya.

Band ini berasal dari surabaya ber-genre rock and roll, namun orang - orang belanda biasa menyebut musik mereka musik Indorock, warna musik Band ini sangat unik karena ada perpaduan antara musik Indonesia dan Barat disertai alunan musik keroncong. The Tielman Brothers ini adalah band Belanda-Indonesia pertama di Indonesia yang berhasil masuk dunia internasional sekitar tahun 1950-an. Mungkin nama mereka sangat asing didengar di Indonesia karena mereka lebih dikenal di luar negeri terutama di Belanda. Mereka adalah salah satu perintis musik rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles atau Rolling stones dan Indonesia pun bangga karena keberadaan mereka.

Band yang beranggotakan Jane (vokal), Ponthon (bass, vokal), Reggy (banjo, gitar, vokal), Loulou (drum, vokal) dan Andy (gitar,vokal). Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumah ayahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak itu mereka mulai banyak tawaran tampil dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai akhirnya pada tahueka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda. Di Indonesia sendiri, nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, sungguh kenyataan yang sangat disayangkan.

The Tielman Brothers yang berciri khas dalam aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah mempopulerkn atraksi bermain gitar dengan gigi, bermain gitar di belakang kepala atau badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.

Artikel Terkait

1 comments:

  1. yups...skill personil dari The Tielman Brothers, juga ga kalah hebat dengan era beatles.

    ReplyDelete

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan sesuatu termasuk komentar dan saran dari teman-teman sekalian dan jangan meninggalkan spam ya saya mohon.

Terimakasih Teman :)

Translate

 
Ping your blog www.HyperSmash.com Ping Blog